Batman Begins - Diagonal Resize 2

Cara Efektif Mencetak Gol dalam Permainan Futsal


Futsal adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim dalam satu pertandingan. Masing-masing tim memiliki 5 pemain yang berada di lapangan dan 7 orang pemain cadangan. Tujuan permainan futsal adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan yang dijaga oleh penjaga gawang lawan.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara-cara memasukkan bola ke gawang lawan.


CARA-CARA EFEKTIF MEMASUKKAN BOLA KE GAWANG LAWAN


Memasukkan bola ke gawang lawan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Masuk tidaknya bola itu tergantung pada arah bola, kecepatan bola, dan juga timing. Keberuntungan juga berpengaruh seperti ketika kiper tidak siap menerima bola atau ketika bola mengenai lawan dan berbelok arah. Berikut beberapa cara memasukkan bola ke gawang lawan.

1. MELALUI SUNDULAN

Dengan menggunakan kepala kita dapat menciptakan gol. Bagian kepala yang digunakan ada dua yaitu bagian kepala belakang dan juga bagian dahi.


SUNDULAN DENGAN KEPALA BELAKANG

Sundulan dengan kepala belakang dapat kita lakukan ketika kita menerima umpan yang lurus dengan gawang lawan. Atau dalam penerapannya yaitu ketika kita berada satu garis dengan pengumpan dan gawang lawan. Kita berada ditengah-tengah atau diantara pengumpan dan gawang lawan. Dalam posisi ini kita menghadap ke pengumpan dan membelakangi gawang lawan. Kita dapat menciptakan gol dengan membelokkan arah bola, menyentuh bola sedikit aja, atau dengan menchip bola dengan kepala.

SUNDULAN DENGAN DAHI

Dahi adalah bagian depan kepala. Dahi dapat kita gunakan mencetak gol ketika kita menerima bola dalam posisi menghadap ke gawang lawan. Umpan dapat kita terima baik melalui crossing bola hidup atau umpan bola mati seperti tendangan bebas atau corner. Untuk dapat mencetak gol dengan sundulan dahi, kita perlu memberikan sedikit tenaga agar laju bola tetap kencang.


2. MELALUI TENDANGAN

 Para pemain belakang atau pemain yang memiliki shot power yang keras biasanya sering mencetak gol melalui tendangan mereka. Bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, bagian luar, punggung kaki, dan juga ujung kaki (tunjal). Saya akan membahas cara mencetak gol dengan tendangan.



TENDANGAN KERAS DENGAN TUNJAL KAKI

Tendangan dengan tunjal kaki cenderung akan menghasilkan tendangan yang keras, dan juga cepat. Biasanya kiper yang menerima tendangan ini akan sedikit terkejut karena tidak adanya tanda-tanda sang pemain akan melakukan tendangan. Tendangan tunjal biasanya dilakukan saat kita mendapat umpan dan kita mengontrolnya dengan kontrol mati/ bola tepat ada diujung kaki. Tanpa ancang-ancang berarti kita cukup menendang bola dengan tunjal kita. Namun, meskipun menghasilkan tendangan yang begitu kencang, tendangan dengan tunjal cenderung tidak memiliki akurasi. Disaat inilah kita harus memilik naluri mencetak gol untuk mgarahkan bola. Karena begitu arahnya sulit dijangkau dan kita menendang dengan tunjal, kemungkinan gol semakin besar.

TENDANGAN DENGAN PUNGGUNG KAKI

Apabila kita ingin melakukan tendangan dengan punggung kaki, penting bagi kita untuk melakukan kontrol jauh atau bola berada satu meter didepan kaki kita. Kita juga harus memperhatikan posisi badan kita. Apabila hendak melakukan tendangan dengan kaki kanan, kita harus agak condong ke kanan begitu pula ketika kita akan melakukan tendangan ke arah kiri, badan kita condong ke kiri. Kontrol jauh ini berguna agar tendangan yang kita lakukan memiliki power dan kita bisa mengatur penempatan bola. Apabila bola berada tepat di depan kaki kita maka sulit bagi kita untuk melakukan tendangan dengan punggung kaki.

TENDANGAN DENGAN KAKI BAGIAN DALAM

Ketika menggunakan kaki bagian dalam, tendangan yang kita berikan cenderung tidak memiliki power yang begitu keras. Namun akurasi dari kaki dalam ini begitu tinggi dibanding kaki lainnya. Oleh karena itu biasanya kaki bagian dalam digunakan untuk memasukkan bola ke dalam gawang ketika menerima umpan dari rekan setim dan ketika posisi kita berada dekat dengan gawang lawan.

TENDANGAN DENGAN KAKI BAGIAN LUAR

Kaki bagian luar tidak begitu sering digunakan untuk menendang bola ke gawang lawan. Kaki luar biasa digunakan ketika kita ingin melakukan tendangan melengkung atau membelokkan bola yang kita terima tepat di depan gawang lawan.


Demikian pembahasan singkat saya mengenai cara-cara efektif mencetak gol. Semoga artikel ini dapat mebantu pembaca mencetak gol, mengalahkan lawan, bahkan memenangkan suatu turnamen.